– Apa itu Ubiquitous? –

logo

Apa itu Ubiquitous? Kata ubiquitous mungkin masih jarang terdengar di telinga kita. Disini saya akan menjelaskan sedikit apa itu ubiquitous (baca: Yubikitas). Ubiquitous adalah sebuah teknologi baru yang memudahkan user dan dapat melakukan segala sesuatu seperti yang user inginkan. Contoh yang akan saya jelaskan adalah smart home atau rumah pintar. Teknologi smart home kini sudah dikenal banyak orang. Hanya saja mungkin masih lebih mahal untuk biaya instalasinya tetapi teknologi smart home sangat membantu para user.

Smart home memungkinkan untuk membantu pekerjaan rumah di manapun mereka berada. Smart home sudah tidak diragukan lagi soal kenyamanannya. Dari segi keamanan pun, smart home sangat baik karena menerapkan sistem kunci otomatis. Sehingga anda tidak perlu lagi resah memikirkan apakah rumah anda telah terkunci dengan aman atau belum. Smart home juga mampu mematikan dan menghidupkan peralatan yang berada di rumah. Anda dapat juga mematikan pompa air dengan memberikan instruksi lewat telepon rumah yang terhubung dengan sistem PSTN gateway smart home. Yang lebih canggihnya lagi adalah anda dapat menyalakan AC dan peralatan rumah lainnya selagi masih di dalam perjalanan pulang, dapat menghidup-matikan peralatan rumah lainnya sesuai keinginan, bahkan mengatur temperatur ruangan sesuai keinginan. Sangat menyenangkan bukan?

Anda juga dapat melihat keadaan luar dan dalam rumah lewat kamera keamanan atau CCTV anda, dapat mengendalikan seluruh lampu yang ada di rumah sesuai keinginan. Hanya dengan satu tombol, tirai jendela dan atap awning dapat terbuka dan tertutup secara otomatis ketika cahaya matahari atau angin di dalam ruangan berlebihan atau berkurang. Semua itu hanya memerlukan deteksi cahaya dan angin.

Alat yang digunakan untuk mengendalikan smart home adalah remote control yang ada di genggaman anda. Misalnya untuk mengendalikan microwave, anda cukup arahkan remote control ke stop kontak terdekat dan tekan tombol. Jadi, cukup gunakan satu remote control, maka anda akan bisa mengendalikan semuanya sesuai dengan keinginan anda. Pada sistem smart home, tiap alat elektronik terhubung dengan controller atau actuator. Itulah yang menggantikan fungsi saklar tradisional. Saklar pintar pada smart home diinstal serupa dengan saklar tradisional namun telah dilengkapi dengan sensor inframerah. Gambaran sistemnya seperti dibawah ini :

control sysytem

Sistem keamanan yang digunakan pada smart home adalah dengan mengaktifkan alarm secara otomatis dan mengaktifkan kamera keamanan untuk merekan keadaan di rumah. Ketika ada orang yang tidak diinginkan memasuki rumah anda, secara otomatis alarm akan berbunyi dan setelah itu anda dan petugas keamanan (polisi atau satpam) akan segera dihubungi secara otomatis.

Smarthome12

Dengan menggunakan sistem smart home, rumah tidak hanya menjadi lebih aman dan nyaman tetapi pemakaian listrik juga akan lebih efisien.

Apa rumah tradisional dapat melakukan hal yang sama seperti smart home? TENTU SAJA TIDAK. Sistem pada rumah tradisional masih secara manual dilakukan oleh penghuni rumah sendiri. Sangat merepotkan sekali. Berminat untuk beralih ke smart home?

Sumber Terkait :

Google

http://haykalrasidi.blogspot.com/2010/04/apa-itu-ubiquitous.html

http://www.rudydewanto.com/2011/01/smart-house-rumah-cerdas.html

Studentsite Gunadarma

1 thought on “– Apa itu Ubiquitous? –

  1. Pingback: - Summary – | 안녕하세요, 환영

Leave a comment